Dr. Erlina memberikan pengarahan pada Hari TB Sedunia di Jakarta, 24 Maret 2019

Dr. Erlina saat menghadiri Hari TB Sedunia di Jakarta, 24 Maret 2019

DR. Dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K), lahir di Padang pada tahun 1966, adalah ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Cabang Jakarta periode 2017 – 2020 dan merupakan kelanjutan amanah dari periode sebelumnya (2015 – 2017). Dr. Erlina memperoleh gelar dokter umum (Dr) dari Universitas Andalas, Sumatera Barat (1989), gelar magister sains (M.Sc) dari Heidelberg University, Jerman (1995), dan gelar dokter spesialis paru (Sp.P) dari Universitas Indonesia, Jakarta (2004).

Kiprah Dr. Erlina sebagai staf pendidik di Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (DPKR) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) sejak tahun 2005, mengantarkan Dr. Erlina mencapai status konsultan (Sp.P(K)) pada tahun 2010 dan menjadi ketua divisi infeksi sejak tahun 2013. Dr. Erlina dengan disertasinya “Hubungan Konsentrasi Rifampisin Darah dengan Respons Pengobatan Berdasarkan Hasil Biakan Kuman Mycobacterium tuberculosis pada Pasien TB Paru yang Diobati dengan Kombinasi Dosis Tetap” meraih gelar doktor (DR) pada tahun 2012 dari Universitas Indonesia, Jakarta.

Dr. Erlina terkenal supel dan vokal dan aktif di berbagai inisiasi, program pemerintah, dan kelompok kepakaran nasional maupun internasional yang memiliki kepedulian tinggi terutama terhadap tuberkulosis (TB) dan penyakit infeksi paru, seperti Koalisi Organisasi Profesi (KOPI)-TB, implementing organization on public-private mix (IO PPM) for TB, the American Thoracic Society (ATS), the Asian Pacific Society of Respirology (APSR), the International Union of Tuberculosis and Lung Disease (IUTLD), dan World Health Organization (WHO).